Rabu, 11 Januari 2023

Stray Game Review: Nails Feline Experience, sebagai Cat Jumps dan Slinkers Through a Dystopian World

Stray Game Review




Stray tersedia di PS4, PS5, Steam untuk PC, dan PS Plus Extra/Deluxe.

HIGHLIGHT

-Stray game dirilis Selasa, 19 Juli di PC, PS4, dan PS5

-Harga mulai dari Rp. 749 di Steam, Rs. 1.999 di PlayStation

-Panjang permainan tersesat adalah 8–10 jam, tergantung pada gaya bermain


Kembar Jitu, Di Stray — keluar Selasa di PC, PS4, dan PS5 — manusia tidak terlihat di mana pun. Mereka telah pergi ke dunia lain, atau telah musnah sebagai spesies. Anda dapat menggabungkan bagian-bagian yang Stray beri makan Anda di seluruh narasinya. Meskipun manusia telah pergi, sidik jari mereka ada di seluruh dunia Stray, sebuah kota maya yang tertutup di bawah kubah raksasa yang mengingatkan saya pada Zion dari The Matrix. Anda aman dalam batas-batasnya, tetapi bahaya mengintai — atau lebih tepatnya, zurk. Saya akan menjelaskannya sebentar lagi — di mana pun di luarnya. Dan seperti dalam film mani Wachowskis, dunia luar, yang terbuka ke langit, dianggap tidak dapat dihuni di Stray.


Jam-jam yang saya habiskan di Stray sebagian besar dihabiskan di dalam dunia kubah game, yang dihuni oleh robot AI kurus dengan layar sebagai wajah, yang menurut saya juga dirancang oleh manusia yang hilang. Mereka mengikuti pencipta mereka dalam banyak hal, baik itu merasa kedinginan, mengenakan pakaian, atau tinggal di apartemen yang mengingatkan kita pada kita. Mereka bahkan telah membagi diri ke dalam berbagai peran dan pekerjaan. Ada wali, penenun, tukang kayu, pemrogram, pedagang pasar, dan pemulung sampah. Yang lain dengan senang hati melemparkan ember cat dari satu atap ke atap lainnya. Untuk semua maksud dan tujuan, robot adalah manusia di Stray.


Dan di tengah semua ini adalah Anda — seekor kucing. Jika Anda belum tahu / gambar sampulnya tidak memberikannya, Stray memberi Anda kendali atas kucing liar yang entah bagaimana menemukan jalannya ke dunia kubah. Sejak awal, Anda akan diberi pendamping droid mengambang di B-12, yang membantu Anda membawa inventaris barang yang tidak terbatas, berinteraksi dengan gadget, memindai dan menerjemahkan teks, dan memberikan petunjuk. Dibantu oleh B-12 yang ingatannya telah rusak, Anda — sebagai kucing yang tidak disebutkan namanya — berangkat untuk menyatukan misteri dunia kubah. Apa yang terjadi padanya, bagaimana keluar darinya, ke mana manusia pergi, dan mengapa dunia tampak tanpa semua bentuk kehidupan.



Ada kelembutan dan sifat penyendiri pada Stray. Pertama, kucing tidak berbicara, kecuali ia dapat mengeong dengan menekan tombol ("O", atau lingkaran, pada DualSense atau DualShock 4.) Dan meskipun Anda memiliki pendamping di B-12, ia tidak menawarkan komentar berjalan. Itu hanya berbicara dalam bunyi bip dan bunyi saat Anda memintanya melakukan sesuatu. Untuk sebagian besar di Stray, Anda merasa seperti melayang di sekitar dunia dalam game, saat Anda mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi di alam semesta. Robot AI, sementara itu, memiliki sedikit pemahaman tentang keberadaan 7 kaki mereka. Saat pertama kali melihat Anda di Stray, mereka ketakutan akan nyawa mereka, yang sama sekali tidak masuk akal. Siapa yang takut kucing?


Nah, untuk bersikap adil, ada lebih dari itu. Bagi robot, kucing itu menyerupai zurk. Dalam ukuran dan bagaimana mereka berdua berkaki empat. Apa itu zurk, katamu? Saya tidak ingin merusak lebih banyak pengetahuan Stray, jadi saya akan membuat deskripsi seminimal mungkin. Zurks, di satu sisi, adalah musuh utama di Stray. Mereka adalah makhluk kecil berkaki empat yang bergerak dalam kelompok, dapat berlari dengan kecepatan tinggi, melemparkan dirinya ke arah siapa pun yang bergerak, dan dapat menempel dengan ganas ke arah Anda. Mereka menyedot hidup Anda - dan karenanya, sebagai kucing, Anda harus melakukan yang terbaik untuk menjauh dari mereka. Dan jika mereka menangkap Anda, tekan tombol ("O" lagi, kebetulan) untuk membuangnya dan lari untuk keselamatan ("R2", pemicu kanan.)


Karena kucing lebih kecil dan lebih gesit daripada manusia dan robot Stray, ia memiliki peluang lebih baik untuk melawan zurk. Selain itu, ukurannya memungkinkannya melewati celah dan celah, dan berjalan di tempat yang tidak bisa dilakukan manusia, baik karena ukuran atau beratnya. Banyak Stray adalah tentang traversal, saat Anda mendaki jalan masuk dan melintasi level, dengan game ini benar-benar membawa Anda naik. Tetapi mendaki bukanlah hal yang alami — dan Anda hanya dapat melakukannya jika Stray mengizinkan Anda melakukannya. Anda harus bergerak sampai Anda melihat tombol "X" (atau tanda silang) muncul, setelah itu Anda dapat menekannya dan membuat kucing melompat. Saya lebih suka metode bentuk yang lebih alami dan bebas, sedikit seperti Assassin's Creed, di mana Anda mendorong tongkat kiri ke suatu arah, dan kucing itu akan memanjat.



Sementara saya puas dengan implementasi Stray yang melompat selama bit traversal, itu bisa menghalangi Anda selama urutan pertempuran di mana Anda harus bergerak cepat untuk tetap hidup. Satu atau setengah detik yang berharga menunggu "X" muncul dapat berarti perbedaan antara hidup dan mati. Apalagi saat ada segerombolan zurk di belakangmu. Membuat frustasi harus mengulang sebagian level hanya karena perintahnya tidak muncul. (Untuk apa nilainya, pendekatan yang digerakkan oleh cepat membuat teka-teki langsung Stray cukup mudah dinavigasi. Stray adalah campuran dari traversal, pertarungan, pemecahan teka-teki, dan interaksi dengan orang lain, dengan sebagian besar permainan dikhususkan untuk bit pertama dan terakhir .)


Frustrasi yang jauh lebih besar adalah bug, salah satunya kurang lebih menghentikan kemajuan saya. Seorang NPC terjebak di udara, beberapa meter dari tempat yang seharusnya. Itu tidak membantu bahwa mereka tidak pernah berinteraksi dengan pintu masuk yang mereka coba arahkan ke saya, dan fakta bahwa pintu masuk tersebut diselimuti kegelapan. Lebih menyebalkan lagi, bahkan Stray yang dimulai ulang sepenuhnya tidak menyelesaikan masalah, dengan bug yang tampaknya disimpan sebagaimana adanya. (Saya menulis kepada pengembang Stray, tetapi tidak mendapat komentar tepat waktu untuk penerbitan.) Saya hampir menyerah pada permainan sama sekali, dan jika bukan karena panduan video, saya tidak membayangkan saya akan melakukannya. rasanya ingin kembali ke sana.


Saya berharap Stray tidak menghalangi saya untuk menikmatinya. Yang mengatakan, pujian kepada para pengembang untuk menciptakan kembali bagaimana rasanya menjadi slinker sebagai kucing. Dari kiprah hingga lompatan, Stray benar-benar memaku gerakan kucing. Anehnya, mereka tidak menggunakan rute mo-cap, melainkan animasi tangan yang bagus. Stray juga mereplikasi meme kucing kesayangan, termasuk kecintaan mereka untuk memasukkan kepala ke dalam tas (benar-benar kehilangan arah dan sangat lucu) dan melompat ke dalam kotak kardus (digunakan dalam adegan pertempuran yang digerakkan oleh siluman). Seperti spektrum itu, Stray berayun di antara berbagai genre, dari anime yang menyentuh hati hingga horor atmosfer, dan dari backwaters yang mengantuk hingga thriller yang mendebarkan.


Kembarjitu, Sementara hewan telah berperan sebagai sahabat manusia, bantuan serangan, dan gangguan telur Paskah sepanjang sejarah video game, Stray — dalam hal yang langka — meminta Anda untuk bermain sebagai satu. Ini sama sekali tidak mendengkur, tapi tetap menyenangkan.


Kelebihan:

Dunia yang menarik

Keseimbangan berbagai genre

Gerakan kucing kuku


Kontra:

Bug yang membuat frustrasi

Traversal tidak alami

Teka-teki yang sangat mudah

Peringkat (dari 10): 7


Stray dirilis Selasa, 19 Juli di PC, PlayStation 4, dan PlayStation 5. Harga mulai dari Rs. 749 di Steam dan Rs. 1.999 di PlayStation Store. Stray juga tersedia sebagai bagian dari langganan PlayStation Plus Extra dengan biaya Rs. 749 per bulan, Rs. 1.999 selama tiga bulan, dan Rs. 4.999 selama satu tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Direktur Elden Ring Mengatakan Menurunkan Tingkat Kesulitan Akan 'Menghancurkan Permainan' saat Bayangan Erdtree Memicu Perdebatan

Elden Ring: Shadow of the Erdtree dirilis 21 Juni di PC, PS4, PS5, Xbox One, dan Xbox Series S/X. HIGHLIGHT Elden Ring: Shadow of the Erdtre...