Senin, 13 Februari 2023

Ulasan Forspoken: Missing the Magic

Ulasan Forspoken


Forspoken adalah RPG aksi dunia terbuka dengan peta tanpa akhir di mana tempat-tempat menarik tersebar di setiap bagian ruang. Terdengar familiar?

HIGHLIGHT

-Forspoken dirilis di PS5, PC pada 24 Januari

-Magic combat dan parkour membentuk dua pilar gameplay-nya

-Forspoken dikembangkan oleh Luminous Productions milik Square Enix


Raja Ngamen, Video game besar, seperti produk pasar massal lainnya saat ini, diganggu oleh konservatisme. Penapisan singkat melalui rilis signifikan beberapa tahun terakhir akan mengungkapkan serangkaian sekuel, remake, dan remaster yang mengkhawatirkan dengan berbagai tingkat keunggulan. Game yang lebih kecil dan independen mungkin merupakan garnisun terakhir dari inovasi dan seni di media, dengan beberapa pengecualian. Penerbit dan pengembang besar, untuk alasan yang dapat dimengerti, harus bermain aman. Taruhannya tinggi dan kekayaan intelektual baru yang tidak memiliki nama yang dapat dikenali melibatkan risiko.


Forspoken, yang keluar 24 Januari di PlayStation 5 dan PC, persis seperti itu. Bukan itu juga. Ini adalah IP yang benar-benar baru, tidak terikat dan asing dengan preseden industri. Ini bukan sekuel, atau bagian dari alam semesta yang telah terbentuk sebelumnya dengan modal sosial yang ada. Tapi kemudian, itu juga dipimpin oleh Square Enix, raksasa industri, dengan nama yang bisa dikenali. Dan, di saat yang sama, Forspoken juga menapaki medan konvensional. Ini adalah RPG aksi dunia terbuka dengan peta yang tak berkesudahan di mana tempat-tempat menarik tersebar di setiap bagian ruang seperti kasus campak yang sangat buruk. Terdengar familiar?


Dikembangkan oleh Luminous Productions, anak perusahaan Square Enix, Forspoken melintas di antara banyak kontradiksi semacam itu, zig-zag melalui yang baik dan yang buruk, tetapi - untuk kreditnya - tidak pernah menggoda yang jelek. Ini adalah permainan yang sering menghadirkan petualangan yang sangat menyenangkan, melalui pertarungannya yang mencolok dan penjelajahan yang hingar bingar. Ini juga, di banyak tempat, jauh dari konsep kesenangan seperti pemeriksaan gigi. Dunia terbuka forspoken adalah taman bermain saat Anda menjelajahinya dengan magic NOS. Tapi, ketika Anda berhenti dan mengamati, itu menyerupai ruang kelas.


Semua hal menyenangkan di taman bermain terletak pada pertarungan sihir dan parkour Forspoken. Frey, protagonis yang enggan dalam permainan, menemukan kekuatan unsur yang memungkinkannya melakukan keajaiban dunia lain yang luar biasa. Dengan kemampuan ini, Frey dapat berlari seperti angin, melompat seperti rusa, dan bergerak seperti skater, menempuh jarak yang sangat jauh dalam beberapa menit di dunia fantastik Athia. Sihir unsur yang sama yang membantu perjalanan Frey juga memicu kemampuan bertarungnya. Pertarungan sihir Forspoken, yang mungkin terasa sedikit familiar bagi penggemar Final Fantasy, ternyata sangat dalam dan dipikirkan dengan matang. Ini menawarkan sepiring penuh kemampuan yang dimulai dengan sederhana, tetapi menjadi lebih liar dan aneh saat Anda maju dan membuka lebih banyak gerakan.



Ulasan forspoken: cerita

Sementara gameplay intinya patut mendapat perhatian, kisah Forspoken sulit untuk diinvestasikan. Anda telah melihat semuanya sebelumnya: Frey Holland adalah underdog bermasalah, ditinggalkan sebagai bayi, dan hidup di pinggiran masyarakat di New York sebagai dewasa muda . Dia sering menemukan dirinya di sisi hukum yang salah dan juga dalam buku-buku buruk geng jalanan yang sangat lucu. Teman satu-satunya, seperti dia, adalah seekor anjing liar — kucingnya, Homer. Tentu saja, Frey ingin lepas dari kemalangannya dan menemukan kehidupan baru jauh dari segalanya dan semua orang yang kejam padanya. Pada titik terendahnya, dia menemukan vambrace makhluk ajaib, yang dijuluki "Manset", dan tersedot ke dunia baru yang aneh. Cuff memberi tahu Frey bahwa dia ada di Athia, dunia fantastik kuno dan sebelumnya makmur yang sekarang berada dalam kehancuran.


Selain berperan sebagai teman bicara Frey dan kendaraan untuk eksposisi, Cuff juga memberikan kekuatan magis kepada protagonis pemberani kita yang memungkinkannya bergerak melewati Athia dengan kecepatan tinggi dan menghadapi bahayanya. Makhluk dan binatang buas berkeliaran di tanah Athia sekarang. Setelah diperintah oleh empat matriark yang kuat, yang sihir kebajikannya menopang rakyatnya, Athia runtuh ketika korupsi misterius, "The Break", berakar. The Break membuat keempat ibu dewa, Tantas yang dihormati, menjadi gila dan marah. Kekuatan luar biasa Tantas, yang pernah menjaga perdamaian di Athia, kini mendatangkan malapetaka. Setelah menerima pelajaran sejarah lokal 101 dari Cuff dan kru rekan baru Athian, Frey memulai pencarian untuk menemukan Tantas dan mengembalikan Athia ke kejayaannya di masa lalu.



Namun selama ini, Frey tidak didorong oleh tugas. Dia tidak peduli dengan Athia atau orang-orangnya; dia hanya ingin naik tumpangan pulang ke New York City. Dan jika Anda tidak yakin dengan motivasinya, dia akan mengingatkan Anda tentang hal ini di setiap langkah permainan. Dalam dialog bolak-baliknya dengan Cuff, dia menegaskan kembali bahwa yang dia inginkan hanyalah keluar dari Dodge. Obrolan antara Frey dan Cuff dimaksudkan untuk menghibur, tetapi hanya berhasil mengganggu. Berusaha terlalu keras untuk menjadi aneh, tulisannya berubah menjadi dua yang mencoba untuk mengungguli dan mengolok-olok satu sama lain di setiap langkah. Setelah kebaruan awal, Anda menghilangkan gurauan buruk. Ini tidak seburuk menurunkan permainan, tetapi di luar olok-olok itu tidak menawarkan banyak hal. Dikatakan bahwa game tersebut bahkan memiliki opsi menu untuk mengatur seberapa sering obrolan Frey dan Cuff.


Sementara Athia dan penderitaannya, secara mengejutkan dan juga mungkin menyegarkan, tidak memberi Frey tujuan apa pun, pengungkapan tentang masa lalunya bisa. Frey dengan enggan terlibat dalam kasus Athian dan menggunakan kemampuan magisnya yang baru ditemukan untuk melawan korupsi yang melanda negeri itu. Meskipun ada beberapa liku-liku, ceritanya mengambil rute yang dapat diprediksi dan gagal memberikan banyak bobot dramatis atau ketegangan emosional.


Ulasan Forspoken: pertempuran dan gameplay


Di mana narasinya gagal, pertarungan sihir dan traversal Forspoken bersinar. Ini adalah dua pilar gameplay-nya, dan Cuff memberi Frey gudang mantra ofensif dan defensif, dengan tambahan mantra pendukung untuk membantunya melawan korupsi. Saat Anda menjelajahi Athia, Anda memperoleh merek sihir baru, masing-masing berdasarkan elemen yang berbeda, menambahkan pohon mantra baru dan kemampuan unik yang melengkapi pohon mantra default 'Sihir Frey'. Kelas sihir yang berbeda diberi kode warna, dengan mantra default ditetapkan di pohon sihir ungu. Setiap jenis sihir memberikan cara yang sedikit berbeda untuk menghadapi musuh. Misalnya, sihir ungu berfokus pada pertarungan jarak jauh dan menjatuhkan musuh dari jarak jauh, sedangkan sihir merah, yang diperoleh beberapa saat kemudian dalam permainan, berfokus pada jarak dekat, dimaksudkan untuk pertemuan langsung dengan musuh.


Sementara pertempuran menarik dan cukup banyak trik baru ditambahkan dari waktu ke waktu untuk menjaga semuanya tetap segar, variasi musuh kurang. Selain dari beberapa bos unik, Frey kebanyakan menghadapi pilihan bergilir dari manusia, binatang buas, dan monster yang rusak. Bahkan ketika pertempuran itu menyenangkan, itu jarang menantang. Forspoken menyediakan pengaturan kesulitan Easy, Normal, dan Hard. Di Hard, musuh pada dasarnya menjadi spons mantra, membutuhkan waktu lebih lama untuk membunuh daripada membutuhkan penyesuaian taktis apa pun. Lingkaran pertempuran inti termasuk beralih di antara jenis sihir yang berbeda, menggunakan gudang mantra ofensif dan defensif Anda ditambah mantra pendukung, dan menghindari atau memarkir keluar dari serangan musuh. Jendela menghindar tetap memaafkan di semua pengaturan kesulitan, membuat pertempuran sedikit kurang tegang dari yang seharusnya. Saat Anda menggunakan kombo mantra, Anda mengisi serangan mantra 'Lonjakan'. Mantra Surge, saat terisi penuh, diaktifkan dengan menekan kedua pemicu pada pengontrol untuk melepaskan serangan efek area yang menghancurkan.


Ikatan traversal ke dalam gameplay aktif juga. Anda tidak bisa hanya menahan tombol Lingkaran dan langsung memotong medan ke tujuan Anda. Athia memiliki topografi yang beragam, dengan tebing yang menjulang tinggi, dataran tinggi yang besar, dan lembah yang lebat menandai peta. Sama seperti Death Stranding, Anda sering kali perlu memecahkan teka-teki navigasi kecil dengan cepat untuk melewati rintangan alami di lanskap. Untuk ini, kemampuan parkour ajaib Anda menyertakan serangkaian keterampilan berbasis traversal. Nanti dalam permainan, Anda juga mendapatkan cambuk ajaib yang menarik Anda ke titik jangkar yang sudah ada sebelumnya berserakan di Athia.



Kebaruan parkour ajaib memudar seiring waktu karena sering kali tujuan pencarian utama Anda ditandai berjauhan di peta. Setiap kali Anda melakukan pencarian utama untuk memajukan cerita, Anda harus berlari jarak jauh, yang berulang-ulang. Poin perjalanan cepat terbuka di sepanjang jalan hanya setelah Anda menjelajahi area tertentu dengan berjalan kaki, yang membuat kembali ke lokasi lama untuk pencarian sampingan dan eksplorasi lebih lanjut menjadi lebih mudah. Perjalanan panjang ke setiap tujuan utama pasti mengarah pada gangguan juga. Ketukan cepat pada D-pad memindai sekeliling Anda, menyoroti tempat-tempat menarik, ruang bawah tanah, dan harta karun, beberapa di antaranya membutuhkan pekerjaan yang membosankan. Cacat yang sudah dikenal dari desain dunia terbuka muncul saat penanda yang tidak berakal mulai menghiasi jalan Anda menuju misi utama. Itu tidak membantu bahwa sumber daya yang Anda temukan saat menjelajahi dunia terbuka hanya untuk melayani sistem kerajinan yang kurang matang. Selain ramuan kesehatan, semua kerajinan lainnya hanya menghasilkan peningkatan kecil dan peningkatan kemampuan magis Anda. Anda harus mencari mantra traversal baru, yang sebagian besar ditemukan di mata air yang tersebar di seluruh peta.


Jika Anda menikmati jenis eksplorasi yang dipelopori oleh game Ubisoft, Anda tidak akan kesulitan mencerna pengalihan Forspoken. Namun, jika, seperti saya, Anda sedikit letih, Anda dapat memilih untuk fokus pada cerita utama, yang membutuhkan waktu sekitar 20 jam untuk menyelesaikannya, dengan beberapa pencarian sampingan yang ditambahkan. mondar-mandir dengan baik, meskipun itu menyentuh ketukan yang sudah dikenal.


Ulasan forspoken: visual dan kinerja

Secara visual, Forspoken mencapai titik tertinggi dan terendah yang sama dengan gameplay dan ceritanya. Jika diinginkan, itu bisa terlihat bagus, tetapi tidak memiliki pemandangan dunia terbuka Elden Ring atau Horizon Forbidden West yang mencengangkan. Desain musuh, kecuali bos utama bertemu, menderita karena kurangnya imajinasi. Kota pusat utama di Athia, Cipal, tidak pernah terasa hidup atau ditinggali dan ditandai dengan palet warna abu-abu dan cokelat yang suram. Untuk dunia fantastik yang penuh dengan sihir dan mitos, Athia seringkali terlihat monoton. Model karakter untuk Frey dan sebagian besar pemeran pendukung bagus, tetapi kualitasnya turun drastis ke bawah rantai makanan.


Untuk performa, saya memainkan Forspoken di PS5, yang menawarkan tiga pengaturan kualitas gambar — Performance, Quality, dan Ray-tracing. Saya bermain menggunakan pengaturan Performa, yang menghasilkan gameplay 60fps yang stabil. Saya sarankan pemain konsol melakukan hal yang sama, kecuali jika Anda lebih suka gambar yang lebih tajam dan tidak keberatan dengan penurunan frekuensi gambar. Dalam permainan saya, saya tidak menemukan bug atau gangguan besar, kecuali satu kali ketika bos mini terjebak di medan. Gim ini menggunakan haptics canggih dan fungsi pemicu adaptif pada pengontrol DualSense, tetapi sering berlebihan dengan umpan balik, menghabiskan baterai pengontrol dengan kecepatan yang mengkhawatirkan. Oh, dan Forspoken mungkin menampilkan pemuatan tercepat di PS5 yang pernah saya lihat. Saya pikir mahkota itu sebelumnya adalah milik Spider-Man: Miles Morales, tetapi Forspoken membawanya ke wilayah yang konyol, kedip-dan-Anda-melewatkannya.



Tinjauan lisan: putusan

Forspoken membutuhkan waktu untuk mencapai bagian yang menyenangkan, tetapi begitu Anda dilengkapi dengan mantra dan perbekalan, mekanisme pertarungan dan traversalnya dapat membuat Anda ketagihan. Jenis sihir baru dan kemampuan yang sesuai yang Anda kumpulkan dari waktu ke waktu membagi pertempuran menjadi hidangan empat hidangan, membawa sesuatu yang baru ke meja setiap saat. Ceritanya yang kurang bagus, terlepas dari nama-nama terkenal di tim penulis, gagal menarik saya atau membuat saya peduli dengan karakternya. Hampir sulit dipercaya bahwa konsep ceritanya diciptakan oleh veteran industri Amy Hennig, yang menyutradarai seri Uncharted. Tak satu pun dari pesona Uncharted, atau kecerdasan, atau dinamika interpersonal yang kompleks dari karakternya, hadir di sini. Karena momen-momen naratif yang gemuk itu gagal mendarat, skor menggugah oleh komposer God of War, Bear McCreary, sejauh ini hanya membawa taruhan emosional yang hampa dari ceritanya.


Rajangamen, Ketika mekanik parkour yang luar biasa dan semangat tempur bekerja sama sebagaimana dimaksud, mereka meningkatkan permainan di atas periferal biasa. Namun, lebih sering daripada tidak, Forspoken terhambat oleh desain open-worldnya, ceritanya yang dapat diprediksi, dan kurangnya imajinasi yang lebih luas. Di akhir kampanye hampir 20 jamnya, Forspoken berdiri kokoh di limbo, di suatu tempat antara segar dan basi.


Pro

Pertempuran yang menarik dan menyenangkan

Traversal cepat yang terkait dengan gameplay

Pohon dan kemampuan mantra sihir yang dalam

Kampanye yang berjalan dengan baik


Kontra

Cerita yang bisa ditebak

Desain dunia terbuka umum

Desain musuh yang tidak terinspirasi, kurang variasi

Peringkat (dari 10): 7


Forspoken dirilis 24 Januari di PC dan PS5.


Harga mulai dari Rs. 4.799 untuk Edisi Standar di Steam dan Epic Games Store untuk PC, dan di PlayStation Store untuk PS5.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Overwatch 2 Menjadi Game Steam dengan Review Terburuk Sepanjang Masa

Overwatch 2 Review Terburuk Sepanjang Masa Pada saat artikel ini ditulis, Overwatch 2 telah mengumpulkan 101.826 ulasan negatif dari total 1...